Moeldoko Sentil Mendag: Petani Saya Mensubsidi Orang Kaya!

Moeldoko Sentil Mendag: Petani Saya Mensubsidi Orang Kaya!

JAKARTA – Banyak persoalan masih dihadapi oleh petani. Demikian kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko.

Persoalan yang kerap terjadi mengenai harga di masa panen. Petani sering mengeluh karena harga yang ditetapkan terlalu rendah. Namun, pemerintah mengatakan harga tersebut bergantung pada pasar yakni suplai dan demand.

“Dalam konteks ini saya sebagai ketua HKTI perlu mengkritisi kepada pemerintah (Mendag), karena mengeluarkan harga eceran beras medium dan premium. Petani saya menyubsidi orang kaya,” kata Moeldoko dalam acara Indonesia Food Summit 2021, Selasa, (25/5/2021).

Masih mengenai persoalan pasca panen, kata Moeldoko, losses juga kerap terjadi pada setiap panen. Menurutnya, losses saat panen yang biasa terjadi bisa mencapai 10 persen. Adapun pemicunya yakni penggunaan alat yang belum modern.

“Dengan cara modernisasi menggunakan alat harvester itu menjadi menyusut 3-4 persen itu loss,” ujarnya.

“Petani Indonesia juga kurang bisa menyerap dan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang pesat, sehingga kerap kali petani selalu tertinggal,” imbuhnya.

Baca juga:

Pelaku Pembakaran Alquran Ditangkap, Ternyata…

Kota Cirebon Zona Merah, Walikota: Datang ke Sini Harus Waspada

TKW Majalengka Terancam Hukuman Mati, Dituduh Terlibat Pembunuhan di Dubai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: